DESA GEGELANG MERAIH JUARA 1 LOMBA DESA SEHAT BERBASIS AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK

  • admin desa gegelang
  • Jun 27, 2022

Hadiah Pemenang Lomba Desa PT. AMGM Diserahkan

Giri Menang, 15 Juni 2022 - Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat Hj. Nurhidayah dan Direktur PT. Air Minum Giri Menang (Perseroda) Lalu Ahmad Zaini menyerahkan hadiah bagi pemenang Lomba Desa berbasis air bersih dan sanitasi pada puncak acara peringatan HUT PT. AM Giri Menang ke-42 di Hotel Aruna Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Rabu (15/6).

Adapun desa-desa yang menjadi pemenang yang ditetapkan berdasarkan SK Direksi setelah melalui tahapan pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan faktual  di lapangan yakni juara satu diraih oleh Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar,  juara dua diraih oleh Desa Kuripan, Kecamatan Kuripan, dan sebagai juara tiga diraih oleh Desa Saribaye, Kecamatan Lingsar. 

Sedangkan untuk juara harapan satu diraih oleh Desa Midang, Kecamatan Gunungsari, harapan dua diraih oleh Desa Lingsar dan juara harapan tiga diraih oleh Desa Penimbung, Kecamatan Gunungsari.

Bupati H. Fauzan Khalid dalam sambutannya mengatakan sangat menyambut baik lomba desa berbasis air bersih dan sanitasi tersebut. 

Ke depan kegiatan tersebut dapat diperluas lagi oleh PT. AMGM bila perlu tidak memakai utusan tetapi semua desa terlibat bahkan termasuk Kota Mataram. Sehingga nantinya secara bertahap mendapatkan siapa yang terbaik, desa/kelurahan terbaik terkait pengelolaan desa sehat berbasis air bersih dan sanitasi, harapnya.

Lanjut Fauzan, momentum perlombaan desa dengan dua basis penilaian ini mendapatkan legitimasi, karena, kata Mantan Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) ini pada tanggal 2 Nopember 2021 lalu Lombok Barat sudah deklarasikan seluruh desa bebas Open Defecation Free (ODF) atau Stop buang air Besar Sembarangan.

"PR kita dulu hanya delapan desa sekarang semuanya sudah tuntas," katanya.

Mantan Ketua KPU NTB itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang lomba yang menjadi juara termasuk yang menjadi juara harapan.

"Saya yakin tidak ada permainan karena saya tahu desa ini sangat serius dalam mengelola kesehatan masyarakatnya tentu juga terkait sanitasinya.  Selamat kepada keenam desa yang menjadi pemenang," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT AMGM Ahmad Zaini menyebutkan semua target PT. AM Giri Menang sudah memenuhi capaian meskipun pandemi Covid.

"Semua target tercapai dengan baik, semua berjalan dengn baik maka patut kita syukuri," ujarnya.

Begitu juga capaian secara keseluruhan tidak ada hal secara negatif semua pada angka positif itu menjadi kebanggaan kita, sambung Zaini.

"Alhamdulillah tahun ini kita adakan lomba desa berbasis sanitasi sebagai wujud untuk mendorong desa-desa di Lombok Barat untuk lebih mandiri dalam mengelola sanitasi," ujarnya. 

Dia bersyukur desa-desa yang tampil menjadi juara itu adalah memang keseharian desanya sudah cukup mandiri. 

Ini adalah bagian untuk mendorong desa-desa untuk mempunyai inovasi untuk mengelola desa secara maksimal agar betul-betul memperoleh hasil yang baik untuk masyarakat, sambungnya.

"Ke depan lomba desa ini seperti yang diharapkan bupati kita perluas tidak lagi perwakilan tapi mencakup semua sebagai potret desa-desa yang ada di Kabupaten Lombok Barat," pungkas Zaini. (ProKopi Lobar)