KARANG TARUNA MEMBANGUN DESA MELALUI GOTONG ROYONG

  • admin desa gegelang
  • Jan 18, 2021

Kehidupan manusia dalam masyarakat tidak terlepas akan adanya interaksi sosial antar sesamanya. Oleh sebab itu didalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya kerjasama dan sikap gotong royong dalam menyelesaikan segala permasaiahan. Dalam kegiatan gotong royong tentunya perlu didukung dengan adanya sebuah rasa solidaritas dari seluruh masyarakat. Solidaritas yang muncul dalam setiap kelompok masyarakat disebabkan adanya beberapa persamaan, seperti persamaan kebutuhan, keturunan, dan tempat tinggal.

Hubungan antar individu atau antar kelompok harus ada kesadaran yang mendalam berdasarkan perasaan akan menimbulkan sebuah rasa solidaritas dalam bermasyarakat. Sikap gotong royong yang dilakukan masyarakat dalam kehidupannya memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting, karena adanya gotong royong, segala permasalahan dan pekerjaan yang rumit akan dapat terselesaikan. Untuk mewujudkan suatu kegiatan gotong royong yang berjalan dengan baik dalam masyarakat tidaklah mudah, karena gotong royong yang baik perlunya kesadaran diri masyarakat untuk meluangkan waktu.

Maka kerjasama dari berbagai kelompok masyarakat dalam melaksanakan kegiatan gotong royong, memerlukan dukungan dari adanya peranan yang nyata dari pemuda Karang Taruna. Organisasi pemuda Karang Taruna yang merupakan tulang punggung kemajuan desa ini harus mampu berperan secara maksimal untuk membangun kemajuan desanya yaitu salah satunya dengan melakukan kegiatan gotong royong. Kegiatan gotong royong dapat terwujud dengan baik apa bila adanya kerjasama masyarakat dengan Karang Taruna.

Pemuda sebagai salah satu unsur dari suatu masyarakat, dimana setiap aktivitasnya diharapkan mampu melakukan sebuah perubahan kearah yang lebih baik. Dalam masyarakat pemuda diharapkan memberikan peranan-peranan nyata yang langsung dirasakan dalam masyarakat. Peranan dari pemuda yang diharapkan dapat mewujudkan membawa maju desanya dan menciptakan kehidupan yang sejahtera dalam masyarakat. Untuk mewujudkan suatu kehidupan yang sejahtera dalam masyarakat tentunya harus ada kerjasama atau gotong royong dari berbagai elemen yang ada dalam masyarakat. Setiap elemen dalam masyarakat tersebut berperan secara maksimal sesuai dengan kedudukannya. Kerjasama dari para pemuda Karang Taruna Desa dan masyarakat dalam melakukan kegiatan gotong royong akan berdampak besar dalam kehidupan sosial Desa. Gotong royong dapat dilihat dari kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh pemuda setiap hari minggu yang dikoordinatori oleh ketua remaja masing-masing dusun dan masyarakat untuk pembangunan Desa Gegelang yang lebih bersih dan lebih baik. (Azmi/Jerotulis)