KEPALA DESA GEGELANG AMANAT UPACARA BENDERA MEMPERINGATI HUT KE-79 KEMERDEKAAN RI SABTU, 17 AGUSTUS 2024

  • admin desa gegelang
  • Aug 21, 2024

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua

Om Swastiastu

Salam Kebajikan dan

Salam Sehat Untuk Kita Semua

 

Yang saya hormati:

  • Ketua BPD, dan seluruh anggota BPD se-Desa Gegelang;
  • Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Pemerintah Desa Gegelang Tiga Pilar Desa Gegelang;
  • Perangkat Desa Gegelang, Sekretariat dan Kepala Kewilayahan se-Desa Gegelang;
  • Para Ketua Lembaga Desa dan seluruh anggota di lingkup Pemerintah Desa Gegelang;
  • Para pemangku jabatan di dusun, RT, Kyai, Pekaseh serta seluruh perangkat teknis dusun;
  • Para pimpinan majelis, pimpinan adat, serta para pimpinan organisasi yang ada di Desa;
  • Direktur dan pengurus BUMDes;
  • Para Kepala Sekolah Negeri dan swasta beserta dewan guru;
  • Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda Desa Gegelang;
  • Para siswa-siswi dari PAUD/RA, SD/MI, MTs serta Mahasiswa KKP UIN Mataram.
  • Singkatnya seluruh peserta upacara peringatan HUT RI ke-79 yang berbahagia.

 

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya lah sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya, shalawat dan salam senantiasa kita haturkan kepada Baginda Rasulullah SAW.

Peserta upacara yang berbahagia,

Pagi ini kita melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai. Peringatan Hari Kemerdekaan adalah momentum penting bagi kita untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan bukanlah berarti akhir dari sebuah perjuangan, tetapi merupakan fondasi untuk memulai perjuangan baru, yaitu perjuangan mengisi kemerdekaan. Perjuangan tersebut adalah rangkaian upaya untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Peserta upacara yang berbahagia,

Tema HUT RI ke-79 Tahun 2024 ini adalah Nusantara Baru Indonesia Maju. Tema ini mengandung makna bahwa Indonesia membutuhkan semangat baru dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan bangsa dan negara. Tema ini juga bertepatan dengan tiga momen penting bagi Negara Indonesia yaitu Penyambutan Ibu Kota baru di Ibu Kota Nusantara atau yang lebih dikenal dengan singkatan IKN, momen pergantian Presiden Republik Indonesia dan Kerja Keras Menuju Indonesia Emas 2045.

Dalam rangka mengisi kemerdekaan Indonesia dan untuk mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045 mendatang, masing-masing kita harus berkerja keras sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kita semua juga harus bergerak maju dengan langkah yang senada dan seirama, bergandengan tangan dan bekerjasama dengan seluruh elemen bangsa demi mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, sejahtera dan adidaya.

Peserta upacara yang berbahagia,

Melalui upacara yang khidmat ini, Saya atas nama Pemerintah Desa Gegelang, menyampaikan kepada Bapak Ibu sekalian, bahwa Pemerintah Desa Gegelang telah mengambil bagian serta menjalankan peran aktif dalam mengisi kemerdekaan Indonesia ini.

Pada kesempatan ini izinkan saya  menyampaikan beberapa kegiatan dan pencapaian yang telah diraih baik di bidang pembangunan, kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan bidang lainnya. Di antara pencapaian-pencapaian yang telah diraih, salah satunya adalah, Desa Gegelang saat ini sudah banyak memiliki infrastruktur jalan serta bangunan penunjang kegiatan sosial masyarakat seperti terbentangnya jalan usaha tani, tersedianya bangunan pengolahan pangan desa, tersedianya saluran irigasi yang lebih baik serta tersedinya jalanan dusun yang lebih memadai. Hal ini merupakan wujud kerja keras dan kerja sama kita semua dalam upaya pengendalian inflasi dan ketahanan pangan lokal di Desa Gegelang.

Dalam bidang kesehatan, pemerintah desa tetap berkomitmen untuk memberikan palayanan kesehatan secara merata dan menyeluruh hal ini tentunya dilakukan dengan memberikan bukti nyata setiap tahun dengan menganggarkan penyuluhan-penyuluhan di bidang kesehatan, pemeberian PMT posyandu, pemberian PMT stunting, penyedian air bersih bagi masyarakat, srta terobosan dan inovasi bidang kesehatan lainnya yang juga terus dikembangkan. Salah satunya adalah dengan menambah dan memperluas layanan kesehatan yang bersinergi dengan puskesmas.

Namun demikian, pencapaian-pencapaian yang telah diraih ini, tentu saja masih jauh dari sempurna. Untuk itu, Saya mengajak semua elemen bangsa untuk tetap teguh bersatu dan bahu membahu dalam membangun dan mensejahterakan Bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Desa Gegelang yang kita cintai ini.

Peserta upacara yang berbahagia,

Melalui kesempatan ini pula, Saya menyampaikan pesan Presiden Republik Indonesia yang disampaikan pada Rapat Koordinasi Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia di IKN 4 hari yang lalu. Beliau berpesan kepada kita semua agar Pemerintah Daerah, beserta seluruh pemangku kebijakan terkait untuk menjaga daya beli masyarakat dan mengendalikan inflasi di daerah masing-masing. Beliau juga berpesan kepada kita semua, untuk selalu berkolaborasi dan bersinergi mengawal pesta demokrasi pemilihan kepala daerah Gubernur dan Bupati yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Menindaklanjuti hal tersebut, Saya atas nama Pemerintah Desa Gegelang, mengajak seluruh saudara-saudaraku masyarakat Desa Gegelang untuk bersama-sama menjaga dan mengawal pesta demokrasi pemilihan kepala daerah dimaksud, agar berjalan dengan adil, transparan, damai, harmonis, dan kondusif. Sehingga pemilihan gubernur dan bupati mendatang menjadi pesta rakyat dalam arti yang sebenarnya, dan menghasilkan pilihan terbaik sesuai dengan kehendak masyarakat Desa Gegelang.

Peserta upacara yang berbahagia,

Terakhir, sebelum Saya mengakhiri amanat ini, Saya mengajak kita semua untuk bekerja lebih giat, berpikir lebih cerdas, bergerak lebih sigap, dan bersinergi lebih solid lagi. Karena hanya dengan upaya ekstra yang kita lakukan bersama saat ini, harapan dan cita-cita kemerdekaan dapat kita wujudkan dengan lebih cepat. Mari bersama-sama meniatkan upaya pengisian kemerdekaan ini dengan niat ibadah, agar proses yang selama ini dan akan terus kita lakukan bernilai jariah di-sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta menjadi legacy, warisan, dan peninggalan yang berharga dari kita semua untuk generasi Indonesia Emas di masa yang akan datang.

Demikian amanat yang Saya sampaikan, semoga Allah SWT senantiasa memberkahi perjuangan kita dalam mengisi kemerdekaan ini.

 

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-79

MERDEKA!, MERDEKA!, MERDEKA!.

JAYALAH NEGERIKU !

JAYALAH DESAKU !

 

Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

          KEPALA DESA GEGELANG

 

 

  1.                                 HUSNU MUKTAR