KEPALA DESA GEGELANG HADIRI PEMBUKAAN PROGRAM PENDIDIKAN KOMPUTER DI LKP AKADEMI INOVASI NASIONAL

  • admin desa gegelang
  • Sep 20, 2022

LKP Akademi Inovasi Nasional menggelar Pembukaan Program Pendidikan Kecakapan Kerja Bidang Desain Grafis

Lembaga Kursus dan Pelatihan Akademi Inovasi Nasional (LKP AIN) membuka program pendidikan kecakapan kerja bidang Desain Grafis tahun 2022 di Jalan Kalingga 2 Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Dalam pembukaan program pendidikan ini, LKP AIN bekerjasama dengan Direktorat kursus dan pelatihan serta Direktorat Jendral pendidikan vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Pimpinan LKP AIN Samsul Hadi, Kepala Desa Gegelang, Kabid PAUD PNF dan Dikmas  Dinas Pendidikan Lombok Barat, serta Kasi Peserta Didik Dinas Pendidikan Lombok Barat.

Pimpinan LKP AIN Samsul Hadi mengatakan, pelatihan komputer ini adalah pelatihan yang pertama kali diadakan di Kawasan Lingsar-Narmada dengan  Kerjasama antara Lembaga pelatihan dan Kementrian pendidikan Republik Indonesia.

“Alhamdulillah ini adalah pelatihan komputer pertama yang diadakan di Kawasan Lingsar, dan berhasil merekrut peserta yang tidak hanya berasal dari Kawasan Kecamatan Lingsar sendiri, namun dari kecamatan-kecamatan lain di Lombok Barat” Ungkapnya.

Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan skill kepada para pemuda yang berusia 17-24 tahun agar siap menghadapi tantangan zaman, dan siap bekerja dengan basis teknologi komputer. Pihaknya membuka link pendaftaran sejak beberapa bulan lalu melalui medsos dan melalui koordinasi langsung dengan para pemuda. Namun tetap dengan proses tahapan seleksi, hal ini dilakukan agar pelatihan ini menjadi  tepat sasaran bagi pemuda yang lulus SLTA namun tidak melanjutkan kuliah.

Di samping itu, Kepala Desa Gegelang H. Husnu Muktar juga berharap agar para peserta benar-benar serius mengikuti pelatihan tersebut, sehingga ilmu-ilmu yang disampaikan oleh para instruktur bisa diserap dengan baik. Selain itu, dia juga berharap agar lembaga pelatihan ini menjadi pusat pelatihan keterampilan baik keterampilan komputer ataupun Bahasa Inggris  bagi masyarakat yang berada di sekitar kecamatan Lingsar dan daerah-daerah lainnya.

“Harapan kami kepada para peserta agar lebih mempersiapkan diri untuk mengikuti pelatihan ini. Yang awalnya sering begadang bermain game, mulai sekarang silakan dikurangi, agar di pagi harinya bisa menerima ilmu dalam keadaan segar dan semangat. Di samping itu, kami selaku pemdes juga sangat mengapresiasi adanya pelatihan ini dan berharap LKP ini bisa menjadi pusat pelatihan bagi masyarakat pada umumnya” Ujarnya.

 

Selain itu, Kabid PAUD PNF dan Dikmas Dinas Pendidikan Lobar juga sangat mengapresiasi pelatihan yang berbasis komputer seperti ini. Hal ini karena jarangnya lembaga kursus yang membuka pelatihan bidang komputer di Kabupaten Lombok Barat. Dalam  sambutannya, Beliau juga memaparkan potensi ke depan yang bisa diakses dan bisa dimanfaatkan oleh para peserta jika berkompeten di bidang komputer, khususnya Desain Grafis ini.