Meriahkan HUT RI Ke-78, Desa Gegelang Gelar Pesta Rakyat

  • admin desa gegelang
  • Sep 11, 2023

Dalam semangat memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Desa Gegelang yang terletak di Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat menggelar berbagai macam kegiatan perayaan yang meriah dan penuh semangat. Perayaan tersebut dihadiri oleh para tokoh pemerintahan serta warga masyarakat dari berbagai kalangan dan usia, yang dengan penuh antusiasme ikut berpartisipasi dalam setiap rangkaian acara bersejarah tersebut.

Acara pertama dimulai pada malam Minggu (12/08/2023) bertempat dilapangan umum desa gegelang dengan menggelar kegiatan camping literasi yang diikuti oleh para pemuda desa dalam rangka mengedukasi pemuda untuk lebih bijak dalam menggunakan gadget di era digital ini. Dalam kegiatan ini juga diisi oleh para narasumber berpengalaman dari Geopark Rinjani dan Lombok font graphy dengan harapan kegiatan ini bisa membangun rasa percaya diri para pemuda untuk berwirausaha dengan memanfaatkan gadget dan potensi yang ada disekitar mereka dan kegiatan ini di tutup dengan senam sehat bersama di pagi hari.

Selain itu, panitia perayaan juga menggelar berbagai pertunjukan seni dan budaya yang di kemas dalam parade budaya seperti pentas musik tradisional pada hari Minggu (13/08/2023). Warga desa tampak sangat bersemangat dalam menampilkan kepiawaian mereka dalam menabuh gendag beleq yang menggambarkan semangat kebangsaan dan nasionalisme. Tidak hanya itu, dalam perayaan kali ini, masyarakat Desa Gegelang juga menunjukkan rasa cinta tanah air dengan mengikuti lomba gerak jalan indah dari kalangan pelajar dan masyarakat umum sebagai bagian dari cara masyarakat menyambut hari kemerdekaan

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, S.Ag.,M.Si sekaligus membuka seluruh rangkaian acara perayaan menyambut HUT Republik Indonesia ke-78 di Desa Gegelang. Dalam kesempatan yang sama Bupati Lombok Barat dalam sambutannya juga terus menghimbau agar rasa nasionalisme dan patriotisme dalam diri masyarakat desa agar tetap terjaga dengan adanya kegiatan-kegiatan menyambut hari kemerdekaan seperti saat ini.

Senin, (14/08/2023) pemerintah desa gegelang juga mengadakan lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa-siswi PAUD dan RA yang ada disekitaran wilayah Desa Gegelang, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Kak Fadli dari Kampung Dongeng Mataram yang menyampaikan cerita cerita tentang pahlawan bangsa untuk membangun rasa cinta tanah air dan bela negara semenjak dini.

Kamis, (17/08/2023) mulai dari pagi hari seluruh masyarakat desa berkumpul dan mengikuti upacara bendera yang bertempat dilapangan umum desa gegelang. Apel bendera di tahun ini merupakan kali kedua pemerintah desa mengadakan secara mandiri dengan melibatkan semua lembaga dan masyarakat desa sebagai perangkat upacara. Kegiatan tersebut berlangsung khidmat yang dihadiri oleh para tokoh pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para dewan guru serta pelajar sedesa Gegelang. Siang hingga sore hari merupakan  puncak acara rangkaian HUT RI ke-78 di Desa Gegelang yaitu dengan mengadakan pesta rakyat yang dimeriahkan dengan konser musik yang menampilkan salah satu band ternama di Nusa Tenggara Barat group musik amtenar yang didatangkan oleh para panitia acara HUT RI ke-78. Kemeriahan dan semangat nasionalisme tampak begitu kental dalam setiap aksi dan aktivitas yang dilakukan oleh warga Desa Gegelang. Dalam kegiatan ini  juga dihadiri oleh Kabag ops, Kasat Intelkam, Kasat Sabhara Polresta Mataram ditemani Camat Lingsar, Kapolsek Lingsar, Danposramil Lingsar untuk mengawal dan mengamankan kegiatan pesta rakyat tersebut.

Kepala Desa Gegelang, H. Husnu Muktar, mengungkapkan rasa bangganya terhadap semangat perayaan tahun ini. "Kami sangat bahagia melihat semangat dan antusiasme masyarakat Desa Gegelang dalam merayakan Hari Kemerdekaan. Semoga semangat nasionalisme ini terus terjaga dan mewarisi generasi-generasi mendatang, demi desa gegelang yang lebih maju dan demi republik Indonesia yang semakin maju selaras dengan tema kemerdekaan tahun ini terus melaju untuk Indonesia maju" ujarnya.

Peristiwa sederhana di desa ini mengingatkan kita akan makna sebenarnya dari kemerdekaan. Ini bukan hanya sekedar hanya hiburan semata, tetapi panggilan untuk senantiasa menjaga semangat perjuangan dalam setiap diri masyarakat indonesia. Sebagai penutup, Perayaan Kemerdekaan di Desa Gegelang ini benar-benar menjadi bukti nyata bahwa semangat kebangsaan, rasa cinta tanah air, rasa patriotisme dan nasionalisme masih terus berkobar di tengah masyarakat desa. Semoga semangat yang sama dapat terus menginspirasi kita semua untuk tetap menjaga dan memajukan negeri tercinta ini mulai dari desa-desa yang ada diindonesia. (Azam)