Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenBangDes) Desa Gegelang Dalam Rangka Penyusunan RKPDes Tahun Anggaran 2024 dan DU RKP Tahun Anggaran 2025

  • admin desa gegelang
  • Sep 14, 2023

Desa Gegelang Kecamatan Lingsar telah menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenBangDes) 2023 pada Senin, 12 September 2023 pada pukul 08:30-11.45 WITA yang bertempat di gedung serba guna kantor Desa Gegelang. Musyawarah tahunan ini mengagendakan penyusunan RKPDES tahun anggaran 2024 dan DU RKP tahun anggaran 2025.

Musyawarah rutin tahunan ini dihadiri oleh 60 peserta dari berbagai bidang lembaga kemasyarakatan seperti petugas KUA, Pertanian dan Peternakan, Kader posyandu PKK, Babinsa dan lain-lain. Kegiatan Musrenbangdes ini dipimpin oleh kepala Desa Gegelang, H. Husnu Muktar serta didampingi jajaran staf desa beserta perwakilan dari kecamatan

Kegiatan Musrenbangdes bertujuan untuk menampung aspirasi dan menyepakati aspirasi tersebut dalam perencanaan kegiatan pembangunan desa. H. Husnu Muktar selaku kepala desa menekankan jika usulan-usulan yang ditampung harus sesuai dengan anggaran yang sudah diberikan dari pusat. Dalam sambutannya kepala desa juga menekankan agar semua jajaran staf dan peserta yang hadir dapat memahami regulasi dari RKPDes dan DU RKP.

Dalam kegiatan ini setiap lapisan lembaga masyarakat desa menyuarakan aspirasi-aspirasinya yang kemudian disesuaikan dengan anggaran yang dibutuhkan. Baik itu dari bidang kesehatan, pertanian dan perternakan hingga bagian penataan ruang.

Dalam musyawarah ini peserta tidak hanya menyuarakan usulan, namun juga keresahan dan kesulitan yang dialami pada bidangnya masing-masing. 

Perwakilan dari kecamatan dan sekretaris desa juga menegaskan jika usulan-usulan tahun lalu yang sudah di tampung juga akan dilaksanakan dengan anggaran yang juga harus disesuaikan. 

Pemerintah kecamatan juga tetap memastikan program-program yang sudah diusulkan dan disetujui sebelumnya benar-benar terencana sebagai bentuk pembuktian adanya program yang berjalan sehingga pembangunan desa benar-benar terlaksana.

Lingsar, Gegelang/FDIK/M.Aldi Al Vauzan,Heri gunawan